Senin, 16 Juni 2014

Gambar Tutorial Cara Memasang KWH Prabayar

Anda tidak paham listrik karena tidak bekerja di PLN tapi ingin tahu cara memasang kwh prabayar atau kwh pulsa? Kalau sekedar ingin tahu bisa lihat tutorial gambarnya di bawah ini, tapi kalau urusan bongkar pasang kwh meskipun anda bisa sangat dilarang. Dan tentu saja untuk kwh prabayar selain pihak yang berwenang tidak bisa membongkar pasang begitu saja, karena jika tutup kwh terbuka otomatis kwh akan padam. Dan untuk menyalakan kembali harus menggunakan kode CT (clear temper), karena jika tutup kwh terbuka maka tombol sweet otomatis tidak menekan.

Oke kita lihat cara memasang kwh pulsa atau kwh prabayar:
1. Pasang dudukan kwh


2. Pasang kwh pada dudukan
 

3. Masukkan kabel pada kaki kwh. Berurut dari kiri ke kanan: kabel setrum masuk dari tiang, kabel ke mcb, kabel ground, kabel masa dari tiang, kabel masa ke instalasi atau sikring, dari mcb sambungkan ke kabel setrum instalasi atau sikring.
 

4. Tempatkan mcb pada dudukannya setelah kabel setrum ke sikring disambungkan.
 

5. Setelah tutup kwh dipasang dan disekrup akan muncul tulisan periksa pada layar, masukkan kode yang sudah disiapkan.
Jadi meskipun anda bisa memasang kwh prabayar, kalau gak pake kode dari pln gak akan nyala, kecuali dijumperkan langsung kabel setrum dari tiang disatukan ke kabel setrum instalasi dan kabel masa dari tiang disatukan ke kabel masa instalasi, tapi tentu saja resikonya kena sanksi dari PLN :D.

4 komentar:

  1. pak saya baru pasang listrik prabayar.dari kwh ga ada kabel buat pentanahan(arde).trus dari bok mcb ada tiga kabel coklat biru sama kuning orang pln cuma nyambungin kabel ke instalasi dua kabel aja sedangkan kabel kuning ga di sambungin cuma di ttup isolasi.sebenrnya kabel kuning buat apa ya mas.meteran prabayar merek melcoinda MTS-125 V1 DAYA 900WATT.mhon mas infonya trims

    BalasHapus
  2. Kabel kabel ny itu yang sya tdk mengerti

    BalasHapus
  3. ijin bertanya, apakah Netral itu = Massa ? dan apakah Massa itu = Ground ?

    BalasHapus